Blogroll

HOME        LINK        ABOUT        FOLLOW

1.30.2017

Trekking | Gunung Prau via Patak Banteng - Dieng

Sebenernya udah lama mau share catper ke Gunung Prau di tahun 2015 dan sekarang udah masuk tahun 2017 haha. Perjalanan kesini pun sebenernya bisa dibilang cukup mendadak karena tiba-tiba pengen naik gunung aja, kebetulan masih ada tiket kereta Serayu Malam yang masih tersedia.

Gw, Ian, Mba Icha berangkat dari Jakarta naik kereta dari Pasar Senin sekitar pukul 9 malam, dan rute kereta ini panjang banget lewat daerah Bandung segala, buat yang gak biasa naik kereta bisa-bisa pegel duluan haha. Kayanya sih kalau naik kereta ini pagi-siang hari bakal bagus pemandangannya. Akhirnya kami sampai di Purwokerto sekitar pukul 7.30 pagi.

Sambil cari sarapan kami pun ngobrol-ngobrol dengan rombongan pendaki lain yang ternyata mau ke Gunung Prau juga, pas lah akhirnya kita charter mobil bareng ke basecamp Patak Banteng dengan mereka.

Ternyata perjalanan dari Stasiun Purwokerto ke basecamp cukup lama karena macet di daerah Dieng saat weekend. Setelah makan siang yang telat dan packing ulang, kami pun berangkat setelah solat Ashar *lah jadi ngaret amat tapi gapapa gunungnya gak kemana.

Trek awal kita akan melewati tangga-tangga pemukiman penduduk dan ladang, nah ini nih yang bikin cape. Setelah itu, kita akan nanjak memasuki hutan dengan trek tanah yang cukup lebar, kalau sedang musim hujan mungkin jadi becek banget dan licin nih :D

Sepanjang jalur kita berjalan santai mengingat Mba Icha baru pertama kali ini naik gunung, itung-itung sambil foto pemandangan. Akhirnya kami pun sampai di area camp tidak lama setelah maghrib dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Kami pun langsung pasang tenda sambil kedinginan, gunung di daerah Jawa Tengah rasanya memang lebih dingin ya :))

Pagi harinya, suasana Prau rame kaya pasar pagi nungguin Matahari buka haha.

Udah mulai cerah, siluet Sindoro Sumbing baru keliatan, cantiquuee :))

Setelah puas foto-foto dan sarapan pancake *ala-ala banget ini. Kami pun bebenah dan jalan menuju Dieng, lintas jalur supaya dapet pemandangan yang beda.

Karena baru mau masuk musim hujan, rumput-rumput di Bukit Teletubbies ini masih menguning belum hijau-hijau.

Di Bukit Teletubbies ini, kita bakal nemuin banyak banget bunga daisy.

Di tengah jalur menuju Basecamp Dieng, kita akan menemukan pertigaan. Kalau belok kiri kita akan ke jalur lain (lupa apa namanya, katanya sih lebih landai), nah kalau belok kanan kita akan ke arah Dieng

Jalur Dieng ini lebih landai dari Patak Banteng, dari basecamp juga kita bisa istirahat di warung-warung penduduk/Losmen Bu Djono yang hits itu, atau langsung jalan-jalan ke spot wisata sekitar Dieng.

Overall, (((overalll))), nanjak ke Gunung Prau itu seru karena kita gak butuh waktu yang panjang untuk trekking dan viewnya udah cakep banget! Buat warga Jakarta dan sekitarnya, bisa banget weekend getaway pulang pergi ke sini kaya kita, Jumat malem berangkat, Minggu pulang :D