Blogroll

       HOME        LINK        ABOUT        FOLLOW      

9.26.2015

On The Way | Kyoto Local Bus

Kalau di Tokyo dan Osaka itu kereta jadi transportasi umum yang pertama, di Kyoto itu bus sarana utamanya. Untuk pindah dari satu tempat wisata ke lainnya di Kyoto itu lebih gampang diakses dan murah pakai bus. 

Biar lebih irit nih, sebaiknya kita beli flat fare bus ticket (1 Day Pass Ticket) yang harganya 500 Yen untuk seharian. Jadi kalaupun nyasar ga takut salah buat naik turun bus haha. Biasanya tiket bus ini bisa dibeli di terminal atau tempat penginapan. Waktu itu gw selalu beli di hostel tempat gw nginep, mereka juga nyediain Kyoto travel map :)

Kekurangannya bus ini, petunjuk dan pengumumannya dalam bahasa Jepang jadi kita harus memperhatikan udah sampai mana nih jangan sampai keterusan haha. Kalau nggak punya 1 Day Pass Ticket, kita harus ambil ticket dari mesin tiket yang biasanya ada di dekat pintu. Terus perhatiin tujuan kita di display dekat supir, di bawah tujuan kita ada angka tarif yang harus kita bayar. Biasanya bus ini berhenti di tiap halte, sebelum turun jangan lupa bayar ya haha caranya tinggal masukin tiket dan uang koin sesuai tarif, kalau agak bingung dengan koin biasanya pak supir yang semuanya baik hati bakal bantu kita :')

Salah satu momen yang bikin gw terharu waktu naik bus itu saat pergantian supir, mereka saling membungkuk, salam hormat gitu. Terus pak supir membungkuk ke para penumpang dari depan, masukin papan nama, dan mulai jalanin tugasnya. Emang bener ya kata orang-orang, apapun pekerjaan orang Jepang, sepertinya semuanya dilakuin dengan sepenuh hati & penuh dedikasi :')






Pentax Espio Mini & Olympus Mju Zoom 115

2 comments: